SELAMAT DATANG DI BLOG TERINDAHKU

~*~ YUYUN BAWEL ~*~

Lihat aku disini ya ..........


Rabu, 20 Januari 2010

~ WARNA WARNI PERESAHABATAN~

  • Carilah seorang teman yang bila anda terlanjur berbuat maksiat, dia mau menasehati anda agar meninggalkan maksiat tersebut. Juga mau menjaga anda agar jangan sampai jatuh pada perbuatan maksiat.
  • Carilah seorang teman yang bisa menunjukkan anda pada jalan kebenaran dan mencegah anda melintasi jalan kejahatan.
  • Carilah seorang teman yang buah pikirannya bisa melegakan hati anda, dan hikmahnya bisa melapangkan jiwa anda. Keberadaan teman anda tersebut dapat menjaga diri anda agar tidak tergelincir ke dalam jurang kemaksiatan dan kehancuran. Juga dapat melindungi anda agar terhindar dari dosa akibat berbuat maksiat.
  • Carilah seorang teman apabila anda jauh dari jalan kebenaran maka dia akan mengarahkan anda pada jalan yang lurus. Demikian pula, jika anda dirundung problematika, rundingkan bersama teman anda untuk memecahkan problematika tersebut. Jika anda diterpa kegagalan, teman anda terus menerus mendukung anda untuk terus maju. Jika anda frustasi dan kecewa, teman anda akan selalu mengingatkan nikmat Allah yang diberikan kepada anda.

Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang melelahkan
dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan
mempunyai nilai yang indah.

Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi
persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan
bertumbuh bersama karenanya…

Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi
membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkanbesi,
demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya. Persahabatan
diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur-disakiti,
diperhatikan-dikecewakan, didengar-diabaikan, dibantu-ditolak,
namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan
dengan tujuan kebencian.

Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan
untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya
ia memberanikan diri menegur apa adanya.

Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman,
tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan
dengan tujuan sahabatnya mau berubah.

Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha
pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita
membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi
mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih
dari orang lain, tetapi justru ia beriinisiatif memberikan
dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya.

Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya,
karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis.
Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati,
namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya.
Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun
ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya.

Beberapa hal seringkali menjadi penghancur
persahabatan antara lain :
1. Masalah bisnis UUD (Ujung-Ujungnya Duit)
2. Ketidakterbukaan
3. Kehilangan kepercayaan
4. Perubahan perasaan antar lawan jenis
5. Ketidaksetiaan.
Tetapi penghancur persahabatan ini telah berhasil dipatahkan
oleh sahabat-sahabat yang teruji kesejatian motivasinya.

Renungkan :
**Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri
“Dalam masa kejayaan, teman2 mengenal kita. Dalam kesengsaraan, kita mengenal teman2 kita.”**

Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi. Dalam pengertian ini, istilah "persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, seringkali hingga pada altruisme. selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka.

Nilai yang terdapat dalam persahabatan seringkali apa yang dihasilkan ketika seorang sahabat memperlihatkan secara konsisten:

Seringkali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat diungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit, ketika mereka datang untuk menolong. Dibandingkan dengan hubungan pribadi, persahabatan dianggap lebih dekat daripada sekadar kenalan, meskipun dalam persahabatan atau hubungan antar kenalan terdapat tingkat keintiman yang berbeda-beda. Bagi banyak orang, persahabatan dan hubungan antar kenalan terdapat dalam kontinum yang sama.

Disiplin-disiplin utama yang mempelajari persahabatan adalah sosiologi, antropologi dan zoologi. Berbagai teori tentang persahabatan telah dikemukakan, di antaranya adalah psikologi sosial, teori pertukaran sosial, teori keadilan, dialektika relasional, dan tingkat keakrabaN

Hampir semua orang pernah merasakan persahabatan. Aku sendiri sedang menjalin persahabatan dengan beberapa orang. Lama tidaknya persahabatan bergantung pada seberapa besar pengertian, pengorbanan dan toleransi yang bisa kita berikan dalam persahabatan tersebut. Berdasarkan pengalaman aku sendiri persahabatan membutuhkan keberanian untuk mengkritik sahabat seburuk apapun reaksi dari sahabat kita.


Mempunyai seorang sahabat atau lebih, tentu haruslah kita syukuri, karena dari persahabatan kita itu bisa memperoleh banyak manfaat. Seorang sahabat yang mempunyai ilmu akan menjadi lentera dalam kegelapan. Ia akan selalu menerangi jalananan hidup kita di dunia, Akan menjadi seorang yang mampu menahkodai bahtera dalam samudera luas. Tempat saling curhat ketika ada masalah, saling tertawa dan berbagi cerita-cerita lucu, sering bersama, membuat acara bareng dengan kawan-kawan dengan refreshing ke laut atau pergi ke suatu tempat hiburan jika pikiran lagi suntok, dan juga teman yang bisa menjadi tempt untuk mencari pemasukan finansial semata

Bagiku seorang teman bukanlah orang yang harus selalu bersama kita. walaupun jauh kita hidup di negeri orang dia akan tetap selalu menjalin komunikasi dan mengarahkan kita dalam menjalani hari-hari yang penuh dengan fatamorgana dan hiasan semu.

Walaupun sekarang aku sudah tidask lagi bersamanya, tapi itu tidak membuat kenangan lalu bersama kawan-kawan waktu kuliah dulu sirna di hembus angin. Aku tetap mengunjungi mereka setiap ada waktu libur untuk pulang ke kampung, mengakrabkan kembali ukhuwah yang tidak lagi erat seperti dulu. Sehingga sahbatku itu tidak hanya menjadi seorang teman, tapi juga ia lebih dekat dari saudara.

Sekarang mungkin aku lebih sering di tempat kerja. Bekerja dibawah tekanan selalu yang membuat ku kadang-kadang gak betah . Tapi karena aku ada teman yang selalu memotivasi bisa membuat ku lebih mencintai pekerjaan itu dan merasa enjoy aja,

Memang kalau diumpamakan pekerjaan itu ibarat bola karet, maka teman itu ibarat sebuah gelas, kalau bola karet kita jatuhkan kebawah , maka akan dipantulkan lagi ke atas, sebaliknya jika teman yang diumpamakan sebuah gelas bila dijatuhkan akan, tergores, terluka bahkan bisa pecah berkeping-keping. dan ingatlah kita akan sulit mendapatkan kembali kepercayaan dari mereka, jika hubungan yang telah terjalin kita putuska. Marilah kita menjaga tali silaturrahmi dengan sahabat-sahabat kita agar kita juga menjdi seorang mukmin yang dicintai nabi karena kita juga menjaga amanahnya untuk tidak memutuskan tali silaturrahmi dengan kawan-kawan dan terlbih lagi dengan saudara-saudara kita seagama dan sebangsa…. Cinta sejati adalah cinta seorang sahabat,sahabat adalah anugrah yang terindah yang Allah berikan kepada kita,hidup menjadi berwarna warni indah mempesona begitu sahabat memasuki hati menjadi belahan jiwa kita.... untuk mendapatkan nilai kebahagiaan yang sesungguh'a engkau harus memiliki seseorang untuk membagi kebahagiian itu, Sahabat adalah orang yang selalu bersama kita dalam suka n duka,mendukung setiap langkah kita d jalan kebaikan dan dengan cinta senantiasa memberikan masukan sepahit apapun untuk kebaikan sahabatnya. Sahabat adalah teman sejati bukan orang yang selalu membenarkan apa yang kita lakukan... tapi...... selalu mengatakan kebaikan menurut apa adanya meski baik atau pun buruk tentang kita... Sahabat adalah tempat berbagi cerita resah serta saling menasehati..... Cinta sejati adalah cinta seorang sahabat.... Jangan lah membalas dendam terhadap orang yang berbuat jahat kepada mu sebaliknya.... kalau orang menampar pipi kanan mu biarkan dia menampar pipimu juga,dasn jikalau orang mengadukan kalian kepada hakim dan menuntut baju mu berikan kepada'a jubahmu juga.... kalo seseorang memaksa kalian memikul bebannya sejauh satu kilo meter,pikulah sejauh dua kilo meter.. kalo seseorang minta sesuatu kepadamu berikanlah kepadanya dan jangan menolak orang yang mau meminjam sesuatu daripadamu... cintailah musuh2mu dan doakanlah orang2 yang menganiaya kalian...

Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari seribu teman yang mementingkan diri sendiri.

Apa yang kita alami demi teman kadang-kadang melelahkan dan menjengkelkan, tetapi itulah yang membuat persahabatan mempunyai nilai yang indah.

Persahabatan sering menyuguhkan beberapa cobaan, tetapi persahabatan sejati bisa mengatasi cobaan itu bahkan bertumbuh bersama karenanya…

Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi, demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya.

Persahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur - disakiti, diperhatikan - dikecewakan, didengar - diabaikan, dibantu - ditolak, namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencian.

Seorang sahabat tidak akan menyembunyikan kesalahan untuk menghindari perselisihan, justru karena kasihnya ia memberanikan diri menegur apa adanya.

Sahabat tidak pernah membungkus pukulan dengan ciuman, tetapi menyatakan apa yang amat menyakitkan dengan tujuan sahabatnya mau berubah.

Proses dari teman menjadi sahabat membutuhkan usaha pemeliharaan dari kesetiaan, tetapi bukan pada saat kita membutuhkan bantuan barulah kita memiliki motivasi mencari perhatian, pertolongan dan pernyataaan kasih dari orang lain, tetapi justru ia berinisiatif memberikan dan mewujudkan apa yang dibutuhkan oleh sahabatnya.

Kerinduannya adalah menjadi bagian dari kehidupan sahabatnya, karena tidak ada persahabatan yang diawali dengan sikap egoistis. Semua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnya.

Ingatlah kapan terakhir kali kamu berada dalam kesulitan. Siapa yang berada di samping kamu ?? Siapa yang mengasihi kamu saat kamu merasa tidak dicintai ?? Siapa yang ingin bersama kamu saat kamu tak bisa memberikan apa-apa ??

MEREKALAH SAHABATMU

Hargai dan peliharalah selalu persahabatanmu




INDAHNYA PERSAHABATAN

Sekedar mencurahkan isi hati dan perasaan tentang arti sebuah persahabatan. Sahabat dan teman adalah dua hal yang berbeda. Mencari seorang sahabat berbeda dengan mencari teman. Saya lebih senang menyebut orang yang begitu dekat dengan istilah sahabat dan menyebut orang yang tidak terlalu dekat dengan teman. Dalam setiap roda kehidupan kita akan dengan mudah menemukan teman tapi gampang-gampang susah menemukan sahabat.
Alhamdulillah dalam perjalanan hidup ini Allah menghadirkan teman-teman yang akhirnya berubah menjadi sahabat. Walau jarak telah memisahkan kami, keinginan, cita-cita, garis hidup membuat kami terpisah satu sama lain namun semua itu tidak mampu melupakan kenangan2 yang pernah kami rangkai bersama. Saling mengingatkan dikala lupa, saling menghibur dikala sedih.
Terima Kasih ya Allah... Engkau telah hadirkan sahabat-sahabat terbaik dalam hidupku. Yang ada di seluruh Indonesia.Hmm...iya...seluruh Indonesia, dari sabang sampai merauke. Ini adalah anugerah terindah bagiku. kemanapun kaki ini melangkah aku tidak perlu takut karena disetiap hentakan kaki ini disana ada sahabat terbaikku. Walau jarak memisahkan kita, namun kebaikan, kenangan2 tetap tersimpan dalam lubuk hatiku. Terima kasih sahabat2ku yang tidak bisa kusebutkan satu persatu...kehadiranmu telah melengkapi hidupku, telah membangkitkan semangatku,hingga aku menyadari hidup ini begitu indah dengan adanya persahabatan.oww... indahnya persahabatan ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar